Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Remaja: Studi Kasus Siswa Kelas XII SMKN 1 Batang Natal
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.579Kata Kunci:
Media Sosial, Partisipasi Politik, Remaja, Pemilih Pemula, Literasi DigitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam membentuk dan mendorong partisipasi politik di kalangan remaja, khususnya pemilih pemula. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan wawancara mendalam terhadap siswa kelas XII SMKN 1 Batang Natal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa aktif menggunakan media sosial setiap hari, namun minat terhadap isu politik masih tergolong rendah. Meskipun demikian, mayoritas siswa mengakui bahwa media sosial memberikan pemahaman dan memengaruhi pandangan politik mereka. Sebanyak 61% responden menyatakan bahwa media sosial memperkuat partisipasi politik mereka. Studi ini juga menekankan pentingnya literasi media dan peran guru dalam mengarahkan penggunaan media sosial ke arah yang edukatif dan konstruktif. Dengan demikian, media sosial berpotensi besar sebagai sarana pembelajaran politik yang efektif jika dikombinasikan dengan bimbingan pendidikan kewarganegaraan.
Unduhan
Referensi
Atmodjo, J. T. (2014). Dinamika partisipasi politik remaja melalui media sosial. Jurnal Visi Komunikasi, 13(02), 281–295.
Aziz, S. (2025). MEDIA SOSIAL DAN GLOBALISASI INFORMASI. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 6(2), 282–297.
Daniel, M. (2003). Metode Penelitian Sosial Ekonomi : Dilengkapi Beberapa Alat Analisa Dan Penuntun Penggunaan. Bumi Aksara.
Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. (2016). Pemakaian media sosial dan self concept pada remaja. Manasa, 5(1), 30–41.
Fitriani, L., Aminudin, I., & Rengi, P. (2022). Pengaruh media sosial terhadap literasi politik generasi milenial. Midiakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 46–55.
Putra, T. R., Wahyuni, R. T., Meilani, N., Anjani, M., & Sari, D. K. (2024). Paritisipasi Politik Gen Z: Eksplorasi Peran Media Sosial dalam Pembentukan Kesadaran Politik Remaja. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(1), 61–68.
Rusidi. (1993). Metode dan Teknik Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Program. Pascasarjana UNPAD.
Saputra, M. R. (2024). Sistem politik tanpa partai di Indonesia: Tantangan, peluang, dan dampaknya terhadap demokrasi. Jurnal Lanskap Politik, 2(2), 77–105.
Tuhuteru, L. (2022). Pendidikan Politik Kaum Muda Kontemporer. CV. AZKA PUSTAKA.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sarlin Nasution, Helmi Suryana Siregar, Aryani Hasugian

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.