Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Aktivitas Dalam Meningkatkan Keterlibatan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu

Penulis

  • Abdul Rahman Pohan Mahasiswa Pendidikan Sejarah, Universitas Graha Nusantara
  • Ali Padang Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Cipto Duwi Priyono Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.498

Kata Kunci:

Pembelajaran Berbasis Aktivitas, IPS Terpadu, Keterlibatan Siswa, Hasil Belajar, Model Konstruktivisme

Abstrak

Pembelajaran IPS Terpadu sering kali mengalami tantangan dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Metode ceramah yang masih dominan menyebabkan kurangnya partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran berbasis aktivitas dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan hasil ujian siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII pada salah satu SMP yang menerapkan metode pembelajaran berbasis aktivitas. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa meningkat dari 45% menjadi 75% setelah diterapkannya metode pembelajaran berbasis aktivitas. Selain itu, nilai rata-rata siswa meningkat dari 68 menjadi 82, dengan tingkat kelulusan meningkat dari 60% menjadi 85%. Hasil wawancara dengan guru dan siswa mengungkapkan bahwa metode ini meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu dan kesiapan guru dalam mengelola kelas yang lebih aktif. Metode pembelajaran berbasis aktivitas terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Terpadu. Namun, keberhasilan metode ini dipengaruhi oleh kesiapan guru, ketersediaan fasilitas, dan karakteristik siswa. Oleh karena itu, sekolah perlu memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan bagi guru serta penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran berbasis aktivitas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, S. N. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTsN Malang 1. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/188957552.pdf

Bentri, A., Zikri, A., & Novianti, A. (2020). Pengaruh penerapan model problem-based learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Basicedu. Diakses dari https://www.neliti.com/publications/452183

Kahfi, M., Ratnawati, Y., & Setiawati, W. (2021). Pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa pada pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala. Diakses dari https://www.academia.edu/download/76239499/1474.pdf

Kartika, S. D. (2016). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP PGRI 2 Ciledug. Universitas Islam Negeri Jakarta. Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/32763/1/Soraya%20Dwi%20Kartika%20-%201111015000044%20(watermark).pdf

Marjito, E. R., & Nurhalipah, N. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2017/2018. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial. Diakses dari https://journal.upgripnk.ac.id/index.php/sosial/article/view/855

Najib, D. A., & Elhefni, E. (2016). Pengaruh penerapan pembelajaran bermakna (meaningful learning) pada pembelajaran tematik IPS Terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Ahliyah IV. Jurnal Ilmiah PGMI. Diakses dari https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063

Najib, D. A., & Elhefni, E. (2016). Pengaruh penerapan pembelajaran bermakna (meaningful learning) pada pembelajaran tematik IPS terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Ahliyah IV. Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2). Diakses dari https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063

Nugroho, P. A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/337949156

Nugroho, P. A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/337949156_Pengembangan_Model_Pembelajaran_IPS_Terpadu_berbasis_Lingkungan

Rahmad, R. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Diakses dari https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/742

Rumiati, E. (2020). Penerapan model pembelajaran picture and picture menggunakan media komik-strip untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 16. Jurnal Wahana Pendidikan. Diakses dari https://jurnal.unigal.ac.id/jwp/article/view/3635

Salam, R. (2017). Model pembelajaran inkuiri sosial dalam pembelajaran IPS. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1). Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/harmony/article/view/19965

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS. Diakses dari https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/view/544

Suriyanti, Y., & Thoharudin, M. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan guru IPS terpadu. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pendidikan Masyarakat), 6(2). Diakses dari https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3507

Tirtoni, F. (2017). Pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Umsida Press. Diakses dari https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/download/978-979-3401-61-4/796

Zulkarnain, Z., & Utami, S. (2017). Kendala Guru dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Kecamatan Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2016/2017. Academia.edu. Diakses dari https://www.academia.edu/download/89337412/250960-kendala-guru-dalam-pembelajaran-ips-terp-10f13140.pdf

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2023

Cara Mengutip

Pohan, A. R., Siregar, A. P., & Priyono, C. D. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Aktivitas Dalam Meningkatkan Keterlibatan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.498

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.