Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa MTSS Darul Mursyid Tapanuli Selatan

Penulis

  • Romaito Nauli Pulungan Universitas Graha Nusantara
  • Dewi Sartika Universitas Graha Nusantara
  • Aryani Hasugian Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.518

Kata Kunci:

Multimedia Interaktif, Motivasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Pembelajaran Digital

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas VIII di MTsS Darul Mursyid Tapanuli Selatan pada Tahun Pelajaran 2024–2025. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel terdiri atas dua kelas, yakni kelas VIII-1 sebagai kelompok eksperimen (36 siswa) dan kelas VIII-2 sebagai kelompok kontrol (35 siswa). Instrumen pengumpulan data berupa angket motivasi belajar yang disusun berdasarkan indikator motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa kelompok eksperimen lebih tinggi (78,18) dibandingkan kelompok kontrol (70,69). Uji normalitas dan homogenitas data memenuhi syarat untuk dilakukan uji-t dua pihak. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (thitung = 5,095 > ttabel = 1,67). Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia interaktif memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya kontribusi pengaruh tersebut terhadap motivasi belajar adalah sebesar 10,60%. Dengan demikian, multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Ed Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanah, Miftahul, Dewi Sartika, Aryani Hasugian, and Annisa Hasanah. 2024. “Optimalisasi Pembelajaran Interaktif: Peran Kreativitas Guru Dalam Desain Lembar Kerja Peserta Didik.” MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya 4(1 SE-):27–32. doi: 10.55266/jurnalmind.v4i1.434.

Husna, Khamila, and Supriyadi Supriyadi. 2023. “Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4(1):981–90.

Pramesti, Ginna Novarianti Dwi Putri, Septien Dwi Savandha, Amelia Amelia, and Vivi Melinda. 2025. “Manajemen Pendidikan Di Era Globalisasi: Tantangan Dan Solusi Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Pembelajaran.” Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan 15(10).

Rahma, Jeniar, and Muhammad Nawir. 2024. “PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SATAP PULAU MASALIMA LIUKANG KALMAS KABUPATEN PANGKEP.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 10(3):302–12.

Rahmawati, Desi, and Yulia Maftuhah Hidayati. 2022. “Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(3):2367–75. doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1465.

Sartono, E. Kus Eddy, Tunjung Sekarwangi, and Herwin Herwin. 2022. “Interactive Multimedia Based on Cultural Diversity to Improve the Understanding of Civic Concepts and Learning Motivation.” World Journal on Educational Technology: Current Issues 14(2):356–68. doi: 10.18844/wjet.v14i2.6909.

Srimuliyani, Srimuliyani. 2023. “Menggunakan Teknik Gamifikasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Dan Keterlibatan Siswa Di Kelas.” EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan 1(1):29–35.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2025

Cara Mengutip

Pulungan, R. N., Sartika, D., & Hasugian, A. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa MTSS Darul Mursyid Tapanuli Selatan. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(1), 54–61. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.518

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.