Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa MTSS Darul Mursyid Tapanuli Selatan
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.518Kata Kunci:
Multimedia Interaktif, Motivasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Pembelajaran DigitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas VIII di MTsS Darul Mursyid Tapanuli Selatan pada Tahun Pelajaran 2024–2025. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel terdiri atas dua kelas, yakni kelas VIII-1 sebagai kelompok eksperimen (36 siswa) dan kelas VIII-2 sebagai kelompok kontrol (35 siswa). Instrumen pengumpulan data berupa angket motivasi belajar yang disusun berdasarkan indikator motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa kelompok eksperimen lebih tinggi (78,18) dibandingkan kelompok kontrol (70,69). Uji normalitas dan homogenitas data memenuhi syarat untuk dilakukan uji-t dua pihak. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (thitung = 5,095 > ttabel = 1,67). Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia interaktif memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya kontribusi pengaruh tersebut terhadap motivasi belajar adalah sebesar 10,60%. Dengan demikian, multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Ed Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasanah, Miftahul, Dewi Sartika, Aryani Hasugian, and Annisa Hasanah. 2024. “Optimalisasi Pembelajaran Interaktif: Peran Kreativitas Guru Dalam Desain Lembar Kerja Peserta Didik.” MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya 4(1 SE-):27–32. doi: 10.55266/jurnalmind.v4i1.434.
Husna, Khamila, and Supriyadi Supriyadi. 2023. “Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4(1):981–90.
Pramesti, Ginna Novarianti Dwi Putri, Septien Dwi Savandha, Amelia Amelia, and Vivi Melinda. 2025. “Manajemen Pendidikan Di Era Globalisasi: Tantangan Dan Solusi Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Pembelajaran.” Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan 15(10).
Rahma, Jeniar, and Muhammad Nawir. 2024. “PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SATAP PULAU MASALIMA LIUKANG KALMAS KABUPATEN PANGKEP.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 10(3):302–12.
Rahmawati, Desi, and Yulia Maftuhah Hidayati. 2022. “Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(3):2367–75. doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1465.
Sartono, E. Kus Eddy, Tunjung Sekarwangi, and Herwin Herwin. 2022. “Interactive Multimedia Based on Cultural Diversity to Improve the Understanding of Civic Concepts and Learning Motivation.” World Journal on Educational Technology: Current Issues 14(2):356–68. doi: 10.18844/wjet.v14i2.6909.
Srimuliyani, Srimuliyani. 2023. “Menggunakan Teknik Gamifikasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Dan Keterlibatan Siswa Di Kelas.” EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan 1(1):29–35.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Romaito Nauli Pulungan, Dewi Sartika, Aryani Hasugian

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.