Persepsi Siswa tentang Keteladanan Pahlawan Nasional dalam Meningkatkan Semangat Kebangsaan melalui Pembelajaran Sejarah di MAS Nahdatul Ulama Kecamatan Batang Toru
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i2.525Kata Kunci:
Keteladanan Pahlawan Nasional, Semangat Kebangsaan, Pembelajaran Sejarah, Persepsi Siswa, Pendidikan KarakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi siswa mengenai keteladanan pahlawan nasional dan perannya dalam meningkatkan semangat kebangsaan melalui pembelajaran sejarah di MAS Nahdatul Ulama Kecamatan Batang Toru. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah telah berupaya menanamkan nilai-nilai keteladanan melalui metode ceramah dan tanya jawab yang memungkinkan interaksi dengan siswa. Meskipun demikian, pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kepahlawanan masih bersifat umum dan terbatas, dipengaruhi oleh keterbatasan sumber belajar dan waktu pembelajaran. Proses pembelajaran berlangsung dalam suasana yang kondusif, namun dibutuhkan pengembangan metode dan media pembelajaran yang lebih variatif agar dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan metode pembelajaran inovatif dan peningkatan sarana pendukung agar nilai-nilai keteladanan pahlawan nasional dapat lebih efektif diserap dan diamalkan oleh generasi muda.
Unduhan
Referensi
Akhmadiyanto, Salim. 2024. “Manajemen Pembelajaran Sejarah Indonesia: Membangun Wawasan Kebangsaan Dan Sikap Nasionalisme Siswa Pada Kurikulum Merdeka Di Man 1 Banyumas.” Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (Indonesia).
Aprianto, Rivaldy, and Dyah Kumalasari. 2023. “Pengaruh Tokoh Pahlawan Nasional Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Pembentukan Pendidikan Karakter Anak.” SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education 4(2):131–44.
Denzin, Norman K. 2017. The Research Act: A Theoretical Introduction to Sociological Methods. Routledge.
Gultom, Yuyun Purnama, Siti Maryam Pane, and Mukhlis Lubis. 2022. “Peran Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Sibabangun.” MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya 2(2 SE-):87–93. doi: 10.55266/jurnalmind.v2i2.524.
Hidayat, Mupid, Rama Wijaya Abdul Rozak, Kama Abdul Hakam, Maulia Depriya Kembara, and Muhamad Parhan. 2021. “Character Education in Indonesia: How Is It Internalized and Implemented in Virtual Learning?” Jurnal Cakrawala Pendidikan 41(1):186–98. doi: 10.21831/cp.v41i1.45920.
Huberman, A. 2014. “Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook.”
Kamaruddin, Syamsu, Rasyidah Zainuddin, and Harifuddin Harifuddin. 2015. PENDIDIKAN INDONESIA DAN PEMBANGUNAN MANUSIA (REFLEKSI-KRITIS MASALAH PENDIDIKAN).
Lickona, Thomas. 1996. “Eleven Principles of Effective Character Education.” Journal of Moral Education 25(1):93–100.
Lubis, Suaidah, Salman Al Paris Sormin, and Siti Maryam Pane. 2022. “Peran Organisasi Budi Utomo Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme: Suatu Kajian Historis Terhadap Awal Kebangkitan Nasional Indonesia.” MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya 2(2 SE-):80–86. doi: 10.55266/jurnalmind.v2i2.515.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Ningsih, Tri Zahra, and Suryo Ediyono. 2018. “Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pepatah Petitih Minangkabau Ke Dalam Pembelajaran Sejarah.” KATA PENGANTAR 186.
Setianto, Yudi. 2019. “Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Pahlawan Nasional.” Publikasi Pendidikan 9(2):177–86.
Sirnayatin, Titin Ariska. 2017. “Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1(3).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Widja, I. Gede. 1989. “Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah.” Jakarta: Depdikbud.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Janna Fintor, Siti Maryam Pane, Muhammad Yusuf Ritonga

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.