Analisis Kemampuan Siswa dalam Mengapresiasi Naskah Drama di Kelas XI SMA Negeri 1 Batangtoru
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.530Kata Kunci:
Apresiasi drama, naskah drama, pembelajaran sastra, unsur intrinsik, kemampuan siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam mengapresiasi naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batangtoru Tahun Pelajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda yang mencakup empat aspek apresiasi: tema, dialog, alur, dan latar. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa yang diambil melalui teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor apresiasi siswa adalah 78,36 yang termasuk dalam kategori baik. Secara rinci, aspek dialog memiliki rata-rata tertinggi (82,00), diikuti oleh alur (80,28), latar (79,71), dan tema (71,43). Sebanyak 91,43% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), menunjukkan bahwa mayoritas siswa telah memahami unsur-unsur dasar dalam naskah drama dengan baik. Namun demikian, aspek interpretatif seperti tema dan latar masih memerlukan penguatan melalui strategi pembelajaran yang lebih variatif. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi guru dalam merancang pembelajaran apresiasi sastra yang kontekstual dan partisipatif.
Unduhan
Referensi
Aswar, Nurul. 2021. “Strategi Strata Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Konsepsi 10(1):34–42.
Jamilah, Nur, Widyatmike Gede Mulawarman, and Yusak Hudiyono. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’Dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Untuk Siswa Kelas X SMA.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 3(1):14–23.
Krismanto, Josua, Mhd Isman, and Hasrida Sibatuara. 2023. “PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN.” Jurnal Basataka (JBT) 6(1):65–74.
Mulyati, Yeti. 2014. “Hakikat Keterampilan Berbahasa.” Jakarta: PDF Ut. Ac. Id Hal 1.
Musafa, Adibatus Syarifah. 2010. “Optimalisasi Pembelajaran Apresiasi Cerpen Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas 7 H SMP Al Islam 1 Surakarta Tahuh Ajaran 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas).”
Putri, Herlin. 2018. “Pengajaran Sastra Melalui Model Pembelajaran Kreatif Berbasis Pedagogi Drama: Potensi Dan Tantangan.” Jurnal Seni Nasional Cikini 4(4):57–68.
Putri, Maisyah Rahmanita. 2018. “Analisis Tindak Tutur Dalam Naskah Drama Pada Suatu Hari Karya Arifin C. Noer Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SLTP.”
Putri, Nanda Silvera. 2021. “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA RANTING BERGAMBAR WAYANG ORANG PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 LUMAJANG.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 10(2):558–73.
Samsiyah, Nur, and S. Pd SD. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia: Di Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Cv. Ae Media Grafika.
Sandi, Peri. 2021. “MONOLOG VIRTUAL: EKSPLORASI DEFINISI, SISTEM PENCIPTAAN DAN FAKTOR PENGUAT DALAM STRUKTUR DRAMATIK.” Tobong: Jurnal Seni Teater 1(1).
Sari, Rizky Fadhilah, and Fitriani Lubis. 2017. “Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII MTs Nurul Khairiyah Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2016/2017.” Asas: Jurnal Sastra 6(2):195972.
Sayogha, Agung Surya, and Ni Kadek Adiyani Rahmaputri. 2023. “PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK.” Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra 3(1):179–202.
Setyawan, Bambang, and Ambiro Puji Asmaroini. 2025. “Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Mengatasi Dampak Media Sosial.” Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN) 4:206–19.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif : Konsep Dasar Metode Penelitian Kuantitatif. repository.uki.ac.id.
Syahrul, Ninawati. 2022. “Pembelajaran Sastra Yang Menyenangkan Dan Inovatif.” Pp. 93–104 in Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA). Vol. 5.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Normaliza Pasaribu, Fauziah Nasution, Elnila Caniago

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.