Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Teknik Dramatisasi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Siabu
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.533Kata Kunci:
teknik dramatisasi, membaca puisi, keterampilan berbahasa, penelitian tindakan kelas, pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa melalui penerapan teknik dramatisasi di kelas X SMK Negeri 1 Siabu pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 72 siswa dari dua kelas. Instrumen yang digunakan meliputi tes membaca puisi dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Teknik dramatisasi digunakan untuk mengembangkan aspek-aspek membaca puisi seperti lafal, intonasi, volume suara, ekspresi, dan penghayatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa dari 57,08 pada pre-test menjadi 72,50 pada post-test siklus I, dan meningkat lagi menjadi 81,46 pada post-test siklus II. Selain itu, persentase siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 meningkat dari 8,33% pada pre-test menjadi 81,94% pada post-test siklus II. Dengan demikian, penerapan teknik dramatisasi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa teknik dramatisasi dapat menjadi strategi pembelajaran alternatif yang mampu membangkitkan minat, keberanian, dan penghayatan siswa dalam pembelajaran puisi.
Unduhan
Referensi
Afifah Hanani Yusuf, Loo Shih Min, Nabilasha a/p Manokaran, Nur Farhinaa Othman, & Juliana Ahmad. (2024). Drama Technique: An Effective Way to Facilitate Students’ Language Acquisition. Journal of Communication in Scientific Inquiry (JCSI), 2(2 SE-Articles), 109–120. https://ejournal.unimap.edu.my/index.php/jcsi/article/view/1027
Astriyanti, Daeng, K., Hajrah, Usman, & Amir, J. (2024). Pengaruh Metode Expressive Writing Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMA. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember SE-Articles), 4705–4714. https://doi.org/10.58230/27454312.1118
Betti, M. J., & Yasiri, S. (2023). Literature Specialists Stating the Aims of Teaching Literature in the Iraqi University EFL Classes. World Journal of English Language, 13, 462. https://doi.org/10.5430/wjel.v13n8p462
Brookfield, S. D. (2017). Becoming a Critically Reflective Teacher. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=gmbbDQAAQBAJ
Nasution, S. N. I., Amaluddin, A., & Ali, A. (2025). Pengembangan Media Musikalisasi Puisi Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 5(1), 17–24. https://doi.org/10.57251/sin.v5i1.1556
Ratnawati, W. (2009). Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Drama dengan Penggunaan Media Video Drama Siswa Kelas V Tahun 2008/2009 (Penelitian Tindakan Kelas SD N 2 Sawahan Kabupaten Boyolali). Universitas Sebelas Maret.
Siagian, E. A., & Sapri, S. (2025). Pengaruh Metode Role Play Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas III SDN 117509 . As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1 SE-Articles), 31–44. https://doi.org/10.32678/assibyan.v10i1.11214
Stephen Kemmis, S. K., & Robin McTaggart, R. M. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Zihan Saiba Tanjung, Fauziah Nasution, Fita Delia Fita Delia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.