Inovasi Makanan Tradisional Lomang Sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada SMPN 6 Kuantan Mudik

Penulis

  • Susda Heleni Universitas Riau
  • Aditia Eka Putra Universitas Riau
  • Feby Khairani Universitas Riau
  • Erni Yunita Napitupulu Universitas Riau
  • Naomi Evelyn Tamariska Sinaga Universitas Riau
  • Theresia Octavia Sinaga Universitas Riau
  • Marshelli Universitas Riau
  • Meisye Wulandari Universitas Riau
  • Muhammad Resha Alijati Universitas Riau
  • Thifal Joitsa Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i5.177

Abstrak

Lomang adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam wadah bambu. Pengolahan makanannya masih sangat tradisional menggunakan kompor yang didesain khusus untuk dibakar. Selama proses pembakaran, posisi bambu harus terus diubah agar ketan di dalamnya matang merata. Desa Luai menggunakan lomang sebagai sumber usaha sampingan dan biasanya dijual ke berbagai tempat seperti pasar. Lomang yang dijual juga sangat bervariasi, mulai dari lomang ubi, lomang ketan, lomang durian, dan sarikaya lomang. Pelaksanaan kegiatan KUKERTA Universitas Riau di desa Luai mengambil bagian dalam proses pembuatan lomang bersama siswa dan majelis guru SMPN 6 Kuantan Mudik. Hasil lomang akan dipamerkan pada bazar pembukaan Festival Kebudayaan Pacu Jalur.

 

Kata Kunci:

Makanan Tradisional, Inovasi Lomang, P5 SMPN 6

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Harto, Syafri. (2019). Model Penguatan Kearifan Lokal dalam Menjaga Keautentikan Wisata Kuliner Lomang Di Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Niara, 12(1), 79- 85.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849.

Putri, A.T., & Diana, L. (2017). Kearifan Lokal Masyarakat Melayu dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Di Kabupaten Kuantan Singingi. Riau Law Journal, 1(1), 73-82.

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155-167.

Unduhan

Diterbitkan

10/03/2022

Cara Mengutip

Heleni, S. ., Eka Putra, A., Khairani, F., Napitupulu, E. Y., Tamariska Sinaga, N. E., Sinaga, T. O. ., Marshelli, Wulandari, M., Alijati, M. R. ., & Joitsa, T. . (2022). Inovasi Makanan Tradisional Lomang Sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada SMPN 6 Kuantan Mudik. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(5), 148–153. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i5.177

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama