Efektivitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Angkola Timur

Penulis

  • Dewani Siti Yunima Panggabean Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Graha Nusantara
  • Aryani Hasugian Universitas Graha Nusantara
  • Rosina Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Helmi Suryana Siregar Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.433

Kata Kunci:

budaya literasi, prestasi belajar, Mata Pelajaran PPKn

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya literasi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi dengan metode one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas XI yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda sebanyak 10 soal sebelum dan sesudah diterapkan budaya literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam prestasi belajar siswa setelah penerapan budaya literasi, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 64,6 dan posttest sebesar 80. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh budaya literasi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa diterima. Dengan demikian, penerapan budaya literasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar: sebuah refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Cicilia, I., & Santoso, G. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 146–155.

Fani, T., & Ghaemi, F. (2011). Implications of Vygotsky’s zone of proximal development (ZPD) in teacher education: ZPTD and self-scaffolding. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 29, 1549–1554.

Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1).

Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Bumi Aksara.

Suwardani, N. P. (2020). “QUO VADIS” PENDIDIKAN KARAKTER: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Unhi Press.

Totok, T. (2018). Aktualisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan kewarganegaraan sebagai peneguh karakter kebangsaan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 171–186.

Yusuf, M. (2013). Membentuk karakter melalui pendidikan berbasis nilai. Al-Ulum, 13(1), 1–24.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2023

Cara Mengutip

Panggabean, D. S. Y., Hasugian, A., Harahap, R., & Siregar, H. S. (2023). Efektivitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Angkola Timur. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.433

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.