Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas melalui Teknik Deskripsi Benda Konkret pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Toru
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.529Kata Kunci:
menulis puisi bebas, deskripsi benda konkret, keterampilan menulis, pembelajaran sastraAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Toru melalui penerapan teknik deskripsi benda konkret. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan sampel sebanyak 35 siswa yang dipilih secara acak dari total populasi 101 siswa. Instrumen penelitian berupa tes esai menulis tiga puisi bebas bertema lingkungan, cinta, dan orang tua. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mencapai 77,7, dan sebanyak 94,3% siswa berhasil melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil ini mengindikasikan bahwa teknik deskripsi benda konkret efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas. Teknik ini mendorong siswa untuk mengekspresikan ide dan perasaan melalui pengamatan terhadap objek nyata, sehingga mampu meningkatkan aspek imajinatif, estetis, dan struktur bahasa dalam karya mereka. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan teknik deskripsi benda konkret sebagai pendekatan alternatif dalam pembelajaran menulis kreatif di sekolah menengah.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program. Vol. 53. Yogyakarta.
Cholifah Tur Rosidah, S. Pd, Bahauddin Azmy, and Amelia Widya Hanindita. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. CV Jejak (Jejak Publisher).
Ginting, Husin Rizki. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Mis Cendikia Bunayya.” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hidayat, Nur. 2017. “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Mursyidiyyah Pamulang, Tanggerang Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017.
Mashitoh, Dewi. 2012. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalijoso Secang Magelang Tahun Ajaran 2011/2012.” UNS (Sebelas Maret University).
Mudiono, Alif. 2024. Pembelajaran Literasi Menulis Cerita Di SD. Surya Pena Gemilang.
Nerita, Siska, Azwar Ananda, and Mukhaiyar Mukhaiyar. 2023. “Pemikiran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Education and Development 11(2):292–97.
Subagyo, P. Joko. 1997. Metode Penelitian : Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif : Konsep Dasar Metode Penelitian Kuantitatif. repository.uki.ac.id.
Wijayanti, Indah Dwi. 2022. “PENGENALAN BENTUK BENDA DENGAN METODE BERNYANYI DISERTAI GAMBAR DAN BENDA KONGKRIT BAGI SISWA KELAS 1 SDN SISIR 02 BATU.” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora 1(3):492–515.
Yasin, Ahmad Fatah. 2017. “Minat Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Nurul Falah Sawah Baru Ciputat (Studi Kasus Di Kelas v Tahun Pelajaran 2016-2017).” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurhasana Ritonga, Robiyatul Adawiyah, Elnila Caniago

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.