Analisis Kemampuan Siswa dalam Mengidentifikasi Tema dan Tendens Puisi “Aku” Karya Chairil Anwar

Penulis

  • Dahliana Suci Suharto Putri Universitas Graha Nusantara
  • Fita Delia Gultom Universitas Graha Nusantara
  • Fauziah Nasution Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.550

Kata Kunci:

kemampuan mengidentifikasi, tema, tendens, puisi, Chairil Anwar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Barat dalam mengidentifikasi tema dan tendens puisi “Aku” karya Chairil Anwar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 74 orang, dan seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen pengumpulan data berupa tes esai yang menugaskan siswa untuk mengidentifikasi tema dan tendens puisi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor keseluruhan kemampuan siswa adalah 76,49, yang berada pada kategori baik. Aspek identifikasi tema memperoleh rata-rata skor sebesar 76,76, sedangkan aspek tendens memperoleh skor 76,22. Persentase ketuntasan belajar mencapai 82,43%, menunjukkan bahwa mayoritas siswa telah menguasai kemampuan mengidentifikasi unsur batin puisi. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran sastra yang terarah dan reflektif mampu meningkatkan apresiasi siswa terhadap puisi, khususnya dalam memahami makna dan pesan yang disampaikan penyair.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktek. In Rineka Cipta (Ed Revisi). Rineka Cipta.

Asteria, P. V. (2014). Mengembangkan kecerdasan spiritual anak melalui pembelajaran membaca sastra. Universitas Brawijaya Press.

Dahana, R. P. (2001). Kebenaran dan dusta dalam sastra. IndonesiaTera.

Herlambang, A. P., Widodo, M., Ariyani, F., & Samhati, S. (2025). KAJIAN STRUKTURAL PADA PUISI “KEKASIHKU” KARYA JOKO PINURBO DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA PADA KELAS X SMA. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 17(1), 22–31.

Julianto, I. R. (2024). Inovasi Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Menengah Pertama dengan Teknik Akrostik. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(2), 1521–1529.

Narinda, M., & Syahla, A. A. (2025). Analisis Makna Simbolik Puisi Aku Karya Chairil Anwar: Exploring existentialisme and Freedom Through Semiotic Approach. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1).

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

Pamungkas, K. M. (2010). Kumpulan puisi siti atmamiah dalam buku angin pun berbisik (tinjauan struktural dan relevansinya sebagai alternatif materi ajar Bahasa indonesia di SMA).

Rahayu, S. N. (2024). Penerapan Metode Sugesti-Imajijnasi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Hari. Universitas Jambi.

Roselina, R. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Stilistik untuk Siswa SMA. Lingua: Jurnal Bahasa Dan Sastra Unsri, 15(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Suryaman, M. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Wulandari, T. (2019). Pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis media gambar terhadap keterampilan menulis puisi (penelitian pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Giripurno 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Yunaika, W. (2025). Menguatkan Pendidikan Karakter Melalui Sastra Indonesia: Sebuah Pendekatan Humanistik. Hikamatzu| Journal of Multidisciplinary, 2(1), 86–92.

Unduhan

Diterbitkan

06-06-2025

Cara Mengutip

Putri, D. S. S., Gultom, F. D., & Nasution, F. (2025). Analisis Kemampuan Siswa dalam Mengidentifikasi Tema dan Tendens Puisi “Aku” Karya Chairil Anwar. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 195–202. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.550

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.