Optimalisasi Penggunaan Kata Penghubung dalam Teks Deskripsi Melalui Pendekatan Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.548Kata Kunci:
Problem Based Learning, kata penghubung, karangan deskripsi, keterampilan menulisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus pada semester genap Tahun Pelajaran 2024/2025 di kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Subjek penelitian adalah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dengan pendekatan cloze test dalam bentuk teks deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 59,5 pada tahap pratindakan menjadi 65,16 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 78,5 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 43,33% pada pratindakan menjadi 60% pada siklus I, dan mencapai 86,66% pada siklus II. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model PBL efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan kata penghubung secara kontekstual dalam penulisan karangan deskripsi.
Unduhan
Referensi
REFERENSI
Ayuna, N. E. (2023). Peran komunikasi dalam proses akulturasi sistem sosial lokal. Technomedia Journal, 8(1), 35–51.
Creswell, J. W. (2020). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Higher Ed.
Hasibuan, M. S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X IPA 2 Di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16, 235–266.
Hudhana, W. D., Wiharja, I. A., & Fitriani, H. S. H. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA Thailand. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 43–50.
Iryanto, N. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Sistem Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.
Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan dan Kemampuan Membaca Pemahaman). CV Jejak (Jejak Publisher).
Sartika, D. (2023). Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Palu. Universitas Tadulako.
Siregar, U. A., Silvi, N., Hasibuan, W., & Rambe, N. F. (2023). Bahasa sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Hata Poda, 2(2), 95–104.
Siti Fatimah Zahara. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Jambi Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1 SE-Articles), 95–100. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.244
Stephen Kemmis, S. K., & Robin McTaggart, R. M. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.
Subekti, A. (2009). Upaya meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Manyaran melalui penggunaan media gambar berseri. UNS (Sebelas Maret University).
Ubedi, A., Sugono, D., & Nurdin, N. (2023). Analisis Kohesi Leksikal dan Gramatikal Serta Koherensi dalam Teks Diskusi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(1), 21–35.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Putri Wahyuni, Tinur Rahmawati Harahap, Fita Delia Gultom

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.