Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 4 Batang Natal
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.564Kata Kunci:
kecerdasan emosional, hasil belajar, hubungan korelasional, siswa SMPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Batang Natal. Kecerdasan emosional dipahami sebagai kemampuan individu dalam mengelola emosi diri, memahami emosi orang lain, memotivasi diri, serta menjalin hubungan sosial yang positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui angket untuk mengukur kecerdasan emosional dan dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa yang dipilih secara acak dari populasi sebanyak 180 siswa. Analisis data menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa dengan nilai korelasi sebesar r = 0,89 dan p < 0,001. Temuan ini mendukung teori yang dikemukakan oleh Goleman (1998) bahwa kecerdasan emosional memiliki peran penting dalam pencapaian keberhasilan akademik. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pengembangan aspek emosional dalam proses pembelajaran sebagai upaya peningkatan mutu hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Siti Rochayati.” Jatuhnya Benteng Ujung Pandang Makassar Pada Belanda Voc ”. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Surakarta. 2010.
Ajazali, Moh.2007, Pengembangan Psikologi Manusia, Edisi Ketiga. Cetakan Kelima, Yogyakarta. Tunas Mekar.
AswarSaifuddin, 2008. Sikap Manusia, Yogyakarta : Pustaka Pelajaran.
Departeman P dan K, 2008. Psikologi Umum dan Sosial, Jakarta : Proyek Pengadaan Buku Sekolah Pendidikan Guru.
Fakasih Supartinah, 2007. Anak dan Perkembangannya, Jakarta : Gramedia.
Goleman.Z, 2000, Kecerdasan Emosional Pemimpin Tranfornasional, Surabaya. Pustaka Ilmu.
M.D. Dahlan, 2012. Ciri-Ciri Keperibadian Sisw, Jakarta : Gramedia.
Nazir, Moh, 2005. Metode Penelitian dan Riset, Surabaya.Grafiti Press
Nawawi, Hadari, 2007. Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta :Universitas Gajah Mada.
Nasution S. 2007. Didaktif dan Azas-Azas Mengajar, Bandung : Jemmars.
Nurkanca Wayan, 2003. Sumartana PP, Evaluasi Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional.
Oemkamto Toeti d2012, Prinsip Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Gramedia.
Rakhmad, Jalaludin, 2008. Psikologi Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2009.Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Riset HDR
Syah Muhibbin, 2011. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Tlon F. Thomas, 2008. Cara Mengajar dengan Cara Terbaik Terjemahan, J.F. Tabelele Bandung, Diponegoro.
Usman,Husaini,2009.Metodologi Penelitian Sosial,Jakarta : PT Bumi Aksara.
Walkito Bimo, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, 1980.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Suaeva, Burhanuddin, Mukhlis Lubis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.