Efektivitas Problem Solving Method dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn

Penulis

  • Aryani Hasugian Universitas Graha Nusantara
  • Saiful Bahri Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Annisa Hasanah Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i2.621

Kata Kunci:

Problem Solving Method, Motivasi Belajar, Pembelajaran PPKn, Pancasila, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara melalui penerapan Problem Solving Method. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lumut. Hasil pretest menunjukkan bahwa motivasi dan pemahaman awal siswa masih rendah dengan nilai rata-rata 55,4 dan hanya 7 siswa yang mencapai ketuntasan. Pada siklus I, penerapan Problem Solving Method mulai menunjukkan peningkatan meskipun belum optimal, ditandai dengan naiknya nilai rata-rata menjadi 59,2 dan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas menjadi 11 orang. Perbaikan pelaksanaan tindakan pada siklus II menghasilkan peningkatan yang lebih signifikan, dengan nilai rata-rata mencapai 72,7 dan mayoritas siswa (89,2%) mencapai ketuntasan. Selain peningkatan nilai akademik, observasi menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif bertanya, berdiskusi, bekerja sama dalam kelompok, serta mampu memecahkan masalah secara lebih sistematis. Dengan demikian, Problem Solving Method terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Rineka Cipta.

Djahiri, A. (2013). Dasar-dasar metode mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hopkins, D. (2011). A teacher’s guide to classroom research (4th ed.). Open University Press.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Participatory action research: Communicative action and the public sphere. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), The Sage handbook of qualitative research (pp. 559–603). Sage Publications.

Meleong, L. J. (2006). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2021). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2014). Motivation in education: Theory, research, and applications (4th ed.). Pearson.

Suyadi. (2019). Strategi pembelajaran inovatif: Teori & praktik. Pustaka Pelajar.

Wiriatmadja, R. (2009). Metode penelitian tindakan kelas. PT Remaja Rosdakarya.

Wuryandani, W. (2020). Pembelajaran PPKn berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 95–104.

Zuriah, N. (2007). Metodologi penelitian sosial dan pendidikan. Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

27-07-2023

Cara Mengutip

Hasugian, A., Nasution, S. B., & Hasanah, A. (2023). Efektivitas Problem Solving Method dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 3(2), 109–117. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i2.621

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.