Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Tinggi Untuk Meningkatkan Daya Saing Dalam Dunia Kerja Bagi Siswa SMA Di Wilayah Tapanuli Selatan
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i6.476Kata Kunci:
sosialisasi pendidikan tinggi, minat studi lanjut, participatory learning, pengabdian masyarakatAbstrak
Sosialisasi pendidikan tinggi merupakan langkah penting dalam meningkatkan kesadaran dan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di empat SMA wilayah Tapanuli Selatan dengan tujuan memberikan pemahaman komprehensif tentang urgensi pendidikan tinggi dan peluang yang tersedia. Metode pelaksanaan mengadopsi pendekatan participatory learning melalui dual-session yang terdiri dari pemaparan materi dan diskusi interaktif. Total 126 siswa berpartisipasi dalam program ini, dengan mayoritas peserta (35.7%) berasal dari kelas XII IPA. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dari rata-rata 40.5% menjadi 85.25%. Minat melanjutkan studi juga meningkat dari 35% menjadi 75%. Lima faktor utama yang mempengaruhi minat studi lanjut teridentifikasi: ekonomi (85%), prospek karir (90%), dukungan keluarga (75%), lokasi perguruan tinggi (65%), dan reputasi institusi (70%). Program menghasilkan beberapa luaran konkret termasuk modul panduan, database digital, dan jaringan pendampingan. Rekomendasi tindak lanjut mencakup pembentukan sistem pendampingan berkelanjutan, pengembangan database informasi, koordinasi dengan sekolah, dan program penguatan kapasitas.
Unduhan
Referensi
Baedowi, A. (2015). Manajemen Sekolah Efektif: Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa. Pustaka Alvabet.
Dewi, W. N. A., Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Ariwibowo, B. (2024). Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Motivasi Lulusan SMK dalam Dunia Kerja. TEMATIK, 4(2), 25–31.
Greene, J. C., Caracelli, V. J., & Graham, W. F. (n.d.). Toward a Conceptual Framework for Mixed-Method Evaluation Designs. Educational Evaluation and Policy Analysis. https://doi.org/10.2307/1163620
Manongga, D., Tambotoh, J. J. C., & Bawu, J. N. (2009). Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis Interactive Multimedia Learning.
Murdifin, R., Rifelino, R., Lapisa, R., & Adri, J. (2024). Analisis Motivasi Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 20939–20946.
Nasution, D. (2023). Faktor rendah minat remaja melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi (studi kasus pada remaja umur 18-20 di Desa Batugodang Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan). UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Nathaniel, R. (2022). Manajemen sumber daya manusia. uwais inspirasi indonesia.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Parinduri, R. Y., Derlini, D., Situmeang, M., Hariati, P., & Nurmayana, N. (2024). SOSIALISASI PENTINGNYA PENDIDIKAN TINGGI GUNA MENINGKATKAN POLA PIKIR BAGI SISWA SMA. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4587–4592.
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90.
Sasmita, F. D., Fernandita, Y., Noor, M. A., & Prasetyo, W. (2023). Korelasi Paparan Informasi Terkait Perguruan Tinggi Terhadap Minat Studi Lanjut Peserta Didik. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 18(2), 171–182.
Siswati, S. (2019). Pengembangan soft skills dalam kurikulum untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 264–273.
Stefán, C. I. (2023). The World Economic Forum. In The Palgrave Handbook of Non-State Actors in East-West Relations (pp. 1–13). Springer.
Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(01), 1–14.
Suherman, A., Lawelai, H., Nurtang, N., Salam, N., & Hadmar, A. M. (2022). Pengembangan Kapasitas Mahasiswa Menuju Generasi Unggul di Era 4.0. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–78.
Susanty, S. (2024). Pemberdayaan dan partisipasi masyarakat dalam pendidikan menuju sekolah bermutu. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 221–238.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.
Wahyuni, Y., Kuswandari, I., & Jaelani, A. (2024). SOSIALISASI PENTINGNYA KIP KULIAH BAGI SISWA DARI KELUARGA DENGAN KETERBATASAN EKONOMI DI SMA TARUNA MADANI. Jurnal Penamas Adi Buana, 8(01), 23–31.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lisa Fitri Meidipa, Rini Kesuma Siregar, Edi Epron Sihombing, Dharyana Suryadijaya, Nursiah Hasibuan, Harry Sambayu, Sri Utami Kholilla Mora Siregar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.