Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Arse

Penulis

  • Nurhuda Mas’ud Universitas Graha Nusantara
  • Dewi Sartika Universitas Graha Nusantara
  • Aryani Hasugian Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.430

Kata Kunci:

Penerapan, Merdeka Belajar, Kurikulum, Minat Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Arse pada Tahun Pelajaran 2023-2024. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perubahan kurikulum di Indonesia yang mengalami berbagai penyesuaian, dengan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai inovasi terbaru yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya serta meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh guru di SMA Negeri 1 Arse yang berjumlah 31 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru telah menyesuaikan program tahunan dengan KMB dan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. Kesimpulannya, penerapan Kurikulum Merdeka Belajar berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Arse.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amseke, F. V., & Panis, M. P. (2020). Peran Perkembangan Moral Terhadap Perilaku Prososial Remaja. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 2(2), 103-115.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115.

Fandini, P., Sulatani, S., & Susanto, D. (2018). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa di SMA PGRI 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 13-20

Hasanah, A. (2020). Perbedaan Perkembangan Moral Anak Laki-Laki Dan Anak Perempuan Pada Usia Sekolah Dasar. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(1), 41-58.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta : Kemdikbud.

Listyaningrum, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 3(2), 108.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.

Saifudin Azwar. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.

Soesana Abigail, dkk. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Syukri, R. A., Bahri, A., Khaltsum, U., & Makassar, U. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Fun Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 51–60.

Rachman, F., Nurgiansah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2970–2984.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2023

Cara Mengutip

Mas’ud, N., Sartika, D., & Hasugian, A. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Arse. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 3(1), 28–36. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.430

Terbitan

Bagian

Articles