Optimalisasi Pembelajaran Interaktif: Peran Kreativitas Guru dalam Desain Lembar Kerja Peserta Didik

Penulis

  • Miftahul Hasanah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Graha Nusantara
  • Dewi Sartika Universitas Graha Nusantara
  • Aryani Hasugian Universitas Graha Nusantara
  • Annisa Hasanah Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i1.434

Kata Kunci:

Kreativitas Guru, Keefektifan Belajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Inovasi Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak kreativitas guru dalam merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap keefektifan pembelajaran di SMA Negeri I Panyabungan Timur. Sebanyak 116 siswa kelas XI menjadi subjek penelitian dengan menggunakan metode pengamatan langsung dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif signifikan antara kreativitas guru dalam merancang LKPD dan peningkatan keefektifan pembelajaran, dengan koefisien korelasi sebesar 0.667 yang signifikan pada level 0.05. Penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai pentingnya inovasi dalam pendidikan dan membuka jalan untuk penelitian lebih lanjut dalam pengembangan metode pembelajaran inovatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aliyah, A., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi Pembelajaran Dengan Media Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1899–1904.

Ananda, R. (2017). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.

Ardila, A. (2016). L.S. Vygotsky in the 21st century. Psychology in Russia: State of the Art, 9(4), 4–15. https://doi.org/10.11621/pir.2016.0401

Csikszentmihalyi, M. (1990). Literacy and Intrinsic Motivation. Daedalus, 119(2), 115–140. http://www.jstor.org/stable/20025303

Hasanuddin, Sartika, D., Hasugian, A., & Hasanah, A. (2023). Pengaruh Penerapan Keterampilan Memberi Penguatan Daya Imajinasi oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Arse. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 3(1 SE-), 14–21. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.432

Hasyim, R., & Umar, S. H. (2019). Peranan Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran (Bahan Ajar) Abad 21 Di Smp Negri 2 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 2(1).

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.

Nissa, K., & Putri, J. H. (2021). Peran Guru dan strategi dalam meningkatkan partisipasi Siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 5(4), 51–58.

Pramesty, C. D., Nugraha, N., & Feriandi, Y. A. (2023). PERANAN PENGGUNAAN FILM PENDEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 2(1), 383–391.

Pratiwi, T. C. N., Jaya, W. S., & Kurniasih, T. I. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 KALIAWI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 339–348.

Ratnasari, N., Lian, B., & Aryaningrum, K. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LOKAL WISDOM SUMATERA SELATAN PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS III SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5826–5835.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Sabarudin, S. (2015). Model Pembelajaran” Web Based Education” untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Gantung. Khazanah Pendidikan, 8(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Unduhan

Diterbitkan

22-01-2024

Cara Mengutip

Hasanah, M., Sartika, D., Hasugian, A., & Hasanah, A. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Interaktif: Peran Kreativitas Guru dalam Desain Lembar Kerja Peserta Didik. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i1.434

Terbitan

Bagian

Articles