Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah pada Materi Kolonialisme dan Imperialisme Barat di SMK Negeri 2 Panyabungan
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i2.493Kata Kunci:
pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar sejarah, kolonialisme , imperialisme BaratAbstrak
Penelitian ini mengkaji hubungan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar sejarah pada materi kolonialisme dan imperialisme Barat di kelas X SMK Negeri 2 Panyabungan. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest pada 38 siswa kelas X TKJ-2. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil menunjukkan implementasi model pembelajaran berbasis masalah mencapai nilai 3,15 (kategori baik). Nilai rata-rata siswa meningkat dari 56,84 (pretest) menjadi 76,84 (posttest). Uji hipotesis menghasilkan thitung = 14,83 > ttabel = 1,68, membuktikan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang materi kolonialisme dan imperialisme Barat.
Unduhan
Referensi
REFERENSI
Evitasari, Okta, and Yusuf Budi Prasetya Santosa. 2022. “Ragam Metode Pembelajaran Kontekstual Untuk Pembelajaran Sejarah.” Estoria: Journal of Social Science and Humanities 3(1):398–413.
Hasbullah, Hasbullah. 2020. “Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10(1).
Kusumawati, Indah Tri, Joko Soebagyo, and Ishaq Nuriadin. 2022. “Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme.” JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 5(1):13–18.
Maryati, Iyam. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7(1):63–74.
Satriani, Andi. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Mengintegrasikan Pendekatan STEM Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah.” Pp. 207–13 in Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021. Vol. 1.
Sukardi, H. M. 2022. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi Dan Pengembangannya. Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rahmadani, Ali Padang Siregar, Siti Maryam Pane

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.