Pengaruh Faktor Internal terhadap Kemampuan Literasi Tulis Siswa Kelas VIII SMP

Penulis

  • Siyen Tamarin Hasibuan Universitas Graha Nusantara
  • Fauziah Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Fita Delia Gultom Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.552

Kata Kunci:

faktor internal, keterampilan menulis, siswa SMP, motivasi belajar, korelasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal terhadap keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siabu Tahun Pelajaran 2024/2025. Faktor internal yang diteliti meliputi inteligensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan, dan kesiapan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Data dikumpulkan melalui angket faktor internal dan tes keterampilan menulis karangan deskripsi dan narasi. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor faktor internal siswa adalah 81,22, sedangkan rata-rata keterampilan menulis siswa adalah 79,58. Analisis korelasi Pearson Product Moment menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,76 yang termasuk kategori tinggi, menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara faktor internal terhadap keterampilan menulis siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa penguatan faktor internal siswa, seperti motivasi dan kesiapan belajar, berkontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan menulis. Oleh karena itu, guru dan orang tua diharapkan dapat memberikan perhatian lebih terhadap pengembangan faktor-faktor internal siswa untuk mendukung keberhasilan belajar mereka, khususnya dalam keterampilan menulis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adnyana, P. E. S., Juansa, A., Rianty, E., Saputro, D. R. S., Andryadi, A., Winatha, K. R., Yunefri, Y., Lakadjo, M. A., Gunadi, A., & Na’imah, T. (2025). Pendidikan Abad Ke-21: Tantangan, Strategi dan Inovasi Pendidikan Masa Depan. PT. Star Digital Publishing.

Asmoro, A. I., & Muhammad, A. F. N. (2023). Problematika Dan Solusi Menulis Teks Narasi bagi Peserta Didik Kelas Tinggi. Jurnal Basicedu, 7(5 SE-Articles), 2880–2885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5751

Bangsawan, I. P. R. (2018). Minat baca siswa. Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin.

Bayu Fatah Alam, Titi Anjarini, & Muflikhul Khaq. (2024). ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENENTUKAN IDE POKOK PADA TEKS CERITA NARASI KELAS lV SD NEGERI BABADSARI. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3 SE-Articles), 347–353. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.4168

Busa, E. N. (2023). Faktor yang mempengaruhi kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC_pOQC

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima, 3(2), 33–42.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (1996). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill. https://books.google.co.id/books?id=PKGcAAAAMAAJ

Gani, R. H. A., Supratmi, N., Ernawati, T., & WIjaya, H. (2024). Mengembangkan bakat menulis siswa, meningkatkan keterampilan menulis cerpen, serta menumbuhkan minat baca dan tulis. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 106–119.

Imawati, E. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis teks terhadap kemampuan menulis teks deskriptif. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 1(1), 53–63.

Jannah, N. (2016). PENDEKATAN PROSES PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SD kelas IV SDI KATANGKA I SOMBA OPU GOWA. Universitas Negeri Makassar.

Mannan, A., Gustiar, S. P., Gani, R. A., Kom, S., Purnomo, A., Abbas, I., Fudial, S. P., Fitriyah, S. A., Wissang, I. O., & Kanusta, M. (2023). Pendidikan Literasi. Selat Media.

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1).

Nanda, Y. D. (2018). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KAGUNGAN RATU KECAMATAN TULANG BWANG UDIK KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. UIN Raden Intan Lampung.

Rahim, A. R. (2020). Cara praktis penulisan karya ilmiah. Zahir publishing.

Sudijono, A. (2016). Pengantar evaluasi pendidikan, Cetakan ke-15. Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers).

Sugiyono. (2013). Metode penelitian manajemen. senayan.iain-palangkaraya.ac.id.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Syarifuddin, A. (2011). Penerapan model pembelajaran cooperative belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 16(01), 113–136.

Wulandari, R. S. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Prosiding Seminar Nasional “Pendidikan Literasi, Karakter Dan Kearifan Lokal”. STKIP Ponorogo.

Unduhan

Diterbitkan

08-06-2025

Cara Mengutip

Hasibuan, S. T., Nasution, F., & Gultom, F. D. (2025). Pengaruh Faktor Internal terhadap Kemampuan Literasi Tulis Siswa Kelas VIII SMP. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 212–219. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.552

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>