Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Pendekatan Proses pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Siabu
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.532Kata Kunci:
menulis, teks prosedur kompleks, pendekatan proses, keterampilan menulis, SMKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Siabu melalui pendekatan proses. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas belajar siswa dan tes kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 63,19 pada siklus pertama menjadi 80,56 pada siklus kedua. Ketuntasan belajar juga meningkat dari 43,75% menjadi 87,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan proses efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, terutama bila dipadukan dengan metode pembelajaran interaktif seperti diskusi dan media visual. Oleh karena itu, pendekatan proses direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran menulis di tingkat SMK guna meningkatkan kompetensi literasi siswa.
Unduhan
Referensi
Abdullah, A. (2018). PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 1(2), 45–62. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45
Aditya Ramadhan. (2024). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SISWA. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.198
Alvianti, A., Sholeh, K., & Bagiya. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. SURYA BAHTERA, 5(45).
Mahmur, M., Hasbullah, H., & Masrin, M. (2021). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 169. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7408
Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974
SURATMI. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI II SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. Universitas Batanghari.
Triandyah Dwi Sasi Wardani, Fida Pangesti, & Sudjalil. (2023). Optımalısası Pembelajaran Teks Prosedur Kompleks Dalam Bahasa Indonesıa Melaluı Penerapan Project-Based Learnıng Dengan Medıa Audıovısual. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1773–1788. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7275
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Elda Elisa, Fauziah Nasution, Robiyatul Adawiyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.