Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Pendekatan Proses pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Siabu

Penulis

  • Elda Elisa Universitas Graha Nusantara
  • Fauziah Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.532

Kata Kunci:

menulis, teks prosedur kompleks, pendekatan proses, keterampilan menulis, SMK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Siabu melalui pendekatan proses. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas belajar siswa dan tes kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 63,19 pada siklus pertama menjadi 80,56 pada siklus kedua. Ketuntasan belajar juga meningkat dari 43,75% menjadi 87,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan proses efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, terutama bila dipadukan dengan metode pembelajaran interaktif seperti diskusi dan media visual. Oleh karena itu, pendekatan proses direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran menulis di tingkat SMK guna meningkatkan kompetensi literasi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, A. (2018). PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 1(2), 45–62. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

Aditya Ramadhan. (2024). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SISWA. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.198

Alvianti, A., Sholeh, K., & Bagiya. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. SURYA BAHTERA, 5(45).

Mahmur, M., Hasbullah, H., & Masrin, M. (2021). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 169. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7408

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

SURATMI. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI II SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. Universitas Batanghari.

Triandyah Dwi Sasi Wardani, Fida Pangesti, & Sudjalil. (2023). Optımalısası Pembelajaran Teks Prosedur Kompleks Dalam Bahasa Indonesıa Melaluı Penerapan Project-Based Learnıng Dengan Medıa Audıovısual. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1773–1788. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7275

Unduhan

Diterbitkan

28-05-2025

Cara Mengutip

Elisa, E., Nasution, F., & Adawiyah, R. (2025). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Pendekatan Proses pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Siabu. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 98–103. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.532

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.